RSS

Selasa, 15 Desember 2009

Mutiara Hikmat

" Apabila Tuhan membukakan bagimu suatu jalan untuk ma'rifat (mengenal kepadanya), maka jangan menghiraukan soal amalmu yang masih sedikit, sebab Tuhan tidak membukakan bagimu, melainkan Ia akan memperkenalkan diri kepadamu. Tidaklah engkau ketahui bahwa ma'rifat itu semata-mata pemberian karunia Allah kepadamu, sedang amal perbuatanmu hadiah daripadamu,mka di manakah letak perbandingannya antara hadiahmu dengan pemberian karunia Allah kepadamu"

Ma'rifat (mengenal) Allah, itu adalah puncak keuntungan seorang hamba, maka apabila Tuhan telah membukakan bagimu suatu jalan untuk mengenal kepadaNya, maka tidak usah kau hiraukan berapa banyak amal perbuatanmu meskipun masih sangat sedikit amal kebaikanmu. Sebab ma'rifat itu sutu karunia pemberian langsung dari Allah, maka sekali-kali tidak tergantung kepada banyak atau sedikitnya amal kebaikan.

Abu Hurairah ra. berkata: Bersabda Rosulullah saw : Allah berfirman:
"Apabila Aku menguji hambaKu yang beriman, kemudian ia tidak mengeluh kepada pengunjung-pengunjungnya, maka Aku lepaskan ia dari ikatanKu dan Aku gantikan baginya daging dan darah yang lebih baik dari semula, dan ia boleh memperbaharui amal, sebab yang lalu telah diampuni semua.

Diriwayatkan : Allah telah menurunkan wahyu kepada salah seorang Nabi SAW. Aku telah menurunkan bala' (ujian) kepada seorang hamba maka ia berdoa, dan tetap Aku tunda permintaannya,akhirnya ia mengeluh, maka aku berkata kepadanya: HambaKu bagaimana Aku akan melepaskan daripadamu rahmat yang justru bala' itu mengandung rahmatKu.

sumber: Kitab Al Hikam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar