RSS

Minggu, 13 Desember 2009

Makna Cinta

kalau toh ada makhluk di dunia ini yang sulit di definisikan,mungkin makhluk itu bernama cinta.telah banyak lagu digubah,syair di tulis dan puisi ditorehkan hanya untuk memaknai cinta. berbagai penyair,filosof dan budayawan telah berusaha mendefinisikan makna cinta akan tetapi definisi yang mereka buat belum mencapai pada satu makna yang sepakat.Memang cinta itu sulit di definisikan tapi kehadirannya dapat dirasakan, seperti halnya udara yang tidak bisa dipegang,dilihat tapi bisa dirasakan.Sedangkan masalah rasa itu adalah pekerjaan hati, jadi cinta itu adalah masalah hati.

Banyak orang membicarakan cinta dengan berbagai versi. Mereka berbicara berdasarkan pengalaman mereka dalam mengalami sebuah rasa cinta. Karena pengalaman satu dengan yang lain tidak sama maka pendapat satu orang dengan orang yang lainpun berbeda. Bagi yang mengalami kepahitan dalam bercinta maka mereka mendefinisikan dengan definisi yang negatif,sedangkan bagi mereka yang merasakan manisnya cinta maka mereka akan mendefinisikan dengan definisi yang positif. nah,oleh sebab itulah kita harus tau apa ilmunya cinta.

karakteristik cinta :
dalam al-Qur'an kata hubb (cinta)disebut kurang lebih 183 kali. seperti pada QS.5:54 "Allah cinta pada mereka dan merekapun mencintai-Nya"
Karakteristik cinta dalam QS Al Anfal 2-4 adalah sebagai berikut:
1. Apabila disebut nama yang dicintai bergetarlah hatinya
2. Apabila ditunjukkan bukti-bukti kehebatan yang dicintai akan semakin kuat rasa cintanya
3. Adanya kepasrahan kepada yang dicintai
4. Adanya kerinduan untuk bertemu dan bersama
5. Kesiapan berkorban

Proses pertumbuhan cinta:
ada tahapan-tahapan tumbuhnya rasa cinta:
1. Adanya interaksi atau kontak
2. Keinginan untuk mengenal
3. Pencurahan perhatian
4. Munculnya rasa rindu
5. Penghambaan

cinta adalah nikmat sekaligus ujian bagi kita, setiap ujian akan dihadapkan rintangan. maka cinta menimbulkan daya juang. siapa yang kita cintai akan menentukan motivasi dan cara berjuang kita. kata Ibnu Qoyyim Al Jauziah bahwa cinta itu adlah energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar